81st International Electrotechnical Commission (IEC)

Rabu, 18 Oktober 2017 | 5:06 WIB


81st International Electrotechnical  Commission (IEC)

Vladivostok-Rusia, RISET-Pro.

 

 

Pertemuan The 81st International Electrotechnical Commission (IEC) General Meeting (GM) dengan tema “Standardizing Diversity”  dilaksanakan di  Far Eastern Federal University (FEFU) – Congress and Exhibition Centre Bldg, Vladivostok, Rusia. Diselenggarakan oleh Komnas IEC Rusia dengan pertemuan teknis di TC/SC/IEC (2 Oktober – 13 Oktober 2017) sampai pertemuan Manajemen IEC (9-13 Oktober 2017).

IEC GM 2017 dibuka oleh Presiden Komnas IEC Rusia Mr. Alexey Abramov. Dalam sambutannya tersebut juga disampaikannya arti tema sidang “Standardizing Diversity”, bahwa diharapkan dari segala sesuatu perbedaan maupun keanekaragaman yang ada, dapat dijadikan standar atau menstandarkan hal-hal tersebut secara berkelanjutan untuk kemudian dapat dimanfaatkan sebagai acuan teknologi terkini.

Seperti halnya di negara rusia sendiri, disampaikannya memiliki 10 zona waktu, 8 zona iklim, dan luas wilayah 17.100.000 KM2 serta memiliki perbedaan suhu <15`C hingga >10`C butuh standar untuk dapat diaplikasikan dengan berbagai macam situasi dan kondisi tersebut. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, diperlukan keterlibatan/keaktifan stakeholder setiap negara anggota untuk mendapatkan segala masukkan/ide dari berbagai teknologi/sistem yang sudah ada maupun yang baru agar terintegrasi dengan baik.

 

Presiden IEC, Mr. James M. Shannon,  mengaku sangat mengapresiasi  National Committee (NC) Rusia yang sudah menyelenggarakan IEC GM ke 81 yang telah dihadiri lebih dari 1500 delegasi dari 69 negara tersebut memiliki rangkaian pertemuan diantaranya : Standardization Management Board (SMB), Young Profesional WorkshopConformity Assessment Board (CAB), Asia Pacific Steering Group (APSG), Council Board (CB), TC/SC, National Committee Secretaries ForumNational Commiittee President ForumCouncil Statutory Session dan Council Open SesionAffiliate ForumConference on the MSB: “Edge Technologies”, Workshop of CTS Reference Group, Workshop for Industrializing Country.

 

Sebagai anggota Full Member yang akan menjadi tuan rumah IEC GM di tahun 2024, delegasi Indonesia hadir dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional, Prof. Dr. Bambang Prasetya, M.Sc yang juga sebagai Ketua Komnas IEC, dengan aanggota delegasi yang terdiri dari  Ir. I Nyoman Supriyatna, M.Sc – Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi-BSN selaku Sekretaris Komnas IEC, Dr. Puji Winarni – Sekretaris Utama-BSN, Rini Widyantini, SH., MPM-Deputi Bidang Kelembagaan-Kemen PAN RB, Lydia Silvanna Djaman, S.H., LL.M-Asisten Deputi Bidang Perekonomian-Kedeputian Bidang Hukum dan Perundang-undangan-Kementerian Setneg, Donny Purnomo, ST-Kepala Pusat Akreditasi dan Lembaga Setifikasi-BSN, Muchamad Dwijanto, ST-Kepala Seksi Standar Perangkat Pos dan Telekomunikasi Non Radio-Kementerian Kominfo, Dyah Purwaningrum, SE, MSc-Kepala Sub Bidang Kelembagaan SDPPI, Litbang SDM, Investasi dan Pasar Internasional Bilateral-Kementerian Kominfo, Widyanto Adinugroho, ST, MT, Analis Standar Perangkat Pos dan Telekomunikasi Non Radio-Kementerian Kominfo dan Fery Kurniawan, ST-Analis Kerjasama Multilateral dan Internasional-BSN selaku Sekretariat Komnas IEC.

 

Salah satu unit manajemen IEC yang bertanggungjawab terhadap pengembangan Standar-standar yang akan diperlukan dimasa depan ialah Market Strategy Board (MSB). Bahasan yang masih diteruskan sejak tahun lalu adalah Internet of Things (IoT). Kebutuhan internet untuk berbagai teknologi yang dibutuhkan manusia, kemunculan fog system, Edge technology, Cloud system, dll.

 

Workshop for Industrializing Country dalam IEC General Meeting kali ini juga menjadi agenda promosi bagi IEC Quality Assessment System for Electronic Components(IECQ) dan ajang berbagi pengalaman dari negara-negara yang telah berhasil mendapatkan benefit dari IECQ. Kegiatan ini diawali dengan pengenalan mengenai Sistem Penilaian Kesesuaian IEC yang memperkenalkan topik mengenai definisi dari Penilaian Kesesuaian IEC, aktivitas IEC terkini dalam penilaian kesesuaian, serta mengenai standar dan sertifikasi.

 

Disela-sela pertemuan, juga telah dilaksanakan penandatanganan kerjasama BSN dengan Underwriter Laboratory (UL) USA, antara Kepala BSN-Prof. Dr. Bambang Prasetya, MSc. dengan Dr. John Thomson-Director of UL Global Standards. MoU ini diharapkan dapat memperkuat pengembangan standar khususnya terkait Safety.

 

Sumber :

http://www.bsn.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *