Workshop RISET-Pro, Rumuskan SOP STP Pertanian

Rabu, 1 November 2017 | 10:25 WIB


Workshop RISET-Pro, Rumuskan SOP STP Pertanian

Makassar, RISET-Pro.

RISET-Pro (Research and Innovation in Science and Technology Project) Komponen 1, mengadakan rangkaian kegiatan Workshop terkait Standard Operating Procedures (SOP) STP (Science Techno Park) di Makassar , 30 Oktober – 1 November 2017.

STP adalah sarana untuk menginisiasi dan mengalirkan pengetahuan dan teknologi diantara universitas, Institusi R&D, industri dan pasar. STP memfasilitasi tumbuh-kembangnya industri-industri berbasis inovasi melalui proses inkubasi dan spin-off, disamping menyediakan value-added services
dalam suatu kawasan yang dilengkapi fasilitas berkualitas tinggi. STP di Indonesia mayoritas dalam tahap perencanaan dan pengembangan, sebagian kecil menuju pertumbuhan, oleh karena itu perlu meletakkan landasan yang kokoh untuk kesuksesan dan keberlanjutan STP Indonesia.

Standard Operating Prosedures (SOP) memiliki posisi yang sangat penting , mengingat SOP ini di STP adalah pedoman yang berisi prosedur – prosedur operasional standar yang harus ada di STP, yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan , langkah , atau tindakan, dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh pengurus di STP Pertanian , berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis.

Iwan Iwut Tritoasmoro, Narasumber SOP Science Techno Park (STP) menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pengelola STP, khususnya di tiga LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementerian) yag mengikuti workshop yaitu BPPT, LIPI , dan BATAN. “SOP ini prosedur kerja yang dilakukan secara benar dan konsisten, serta pengendalian mutu terhadap proses kegiatan di STP.” Ungkap Iwan Iwut.
Dalam wokshop ini setiap LPNK membuat SOP di kelembagaan STP, demi terwujudnya STP yang dan berfungsi dan berjalan sesuai harapan. Agar sisi Bisnis dari tiap STP tampak dan berjalan.

Saat Penutupan Workshop, Koordinator Komponen 1 RISET Pro, Lukito Hasta menyampaikan bahwa dalam penyusunan SOP yang efektif harus merujuk pada struktur organisasi STP, memperhatikan fungsi organisasi dan proses bisnis yang ada dalam organisasi.

 

Link Youtube :


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *