RISET-Pro Bahas Navigasi Nelayan Di Bali

Selasa, 7 November 2017 | 11:54 WIB


RISET-Pro  Bahas Navigasi Nelayan Di Bali

Legian-Bali, RISET-Pro.

 

Umumnya nelayan tradisional tidak mengetahui dengan pasti lokasi tempat ikan berkumpul. Mereka hanya mengandalkan naluri dan menduga-duga tempat berkumpulnya ikan. Akibatnya banyak bahan bakar terbuang tapi hasilnya minim.

“Namun dengan memanfaatkan teknologi Navigasi Nelayan dan Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) kerja para nelayan akan dipermudah,” kata Heru dari PT. Marlin dalam kegiatan workshop Teknis RISET-Pro Komponen 1b3: FGD Business Matching & Respon Pasar LAPAN yang  dilaksanakan di Hotel Jayakarta Legian Bali, 2-4 November  2017.

Berdasarkan data penginderaan jarak jauh maka nelayan bisa langsung menuju lokasi yang diprediksi tempat ikan berkumpul. Selain menghemat bahan bakar, hasil tangkapan juga akan melimpah. Pada akhirnya nelayan akan hidup lebih sejahtera, tambahnya.

Acara yang dibuka oleh Dedy Saputra, Kasubdit Organisasi Profesi Kemenristekdikti mewakili Koordinator Komponen 1 RISET Pro, diisi presentasi Tim LAPAN dan PT. Media Rekayasa Lintas (Marlin) sebagai mitra teknologi tentang Navigasi Nelayan. Sistem navigasi ini memberikan informasi mengenai daerah potensi penangkapan ikan, kondisi cuaca, tinggi gelombang, kecepatan angin, arah angin, dan jarak kapal ke posisi ikan. Diharapkan dengan menggunakan Navigasi Nelayan produktivitas nelayan makin meningkat.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *