Workshop Finalisasi Hasilkan 13 Draft SOP STP

Senin, 13 November 2017 | 5:29 WIB


Workshop Finalisasi Hasilkan 13  Draft SOP STP

Pekanbaru, RISET-Pro.

 

Kegiatan Workshop RISET-Pro (Research and Innovation in Science and Technology Project), yang berlangsung di Pekanbaru, Riau  (6-8 November 2017) diikuti oleh para penggiat Science Techno Park (STP) dari 3 Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yaitu : LIPI, BATAN, dan BPPT.

STP merupakan tempat pengembangan riset dasar yang kemudian dibuat alih teknologi diseminasi ke masyarakat atau industri. Sedangkan technopark merupakan tempat di mana prototipe teknologi diaplikasikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat atau dikomersialisasi industri.

Ada empat pilar penguatan pembangunan  Science Techno Park.  Pertama, daya dukung Teknologi, yang terdiri atas R&D, transfer  teknologi , pemilihan focus teknologi, dan SDM peneliti berkualitas. Kedua, daya dukung industry, yang terdiri  atas jejaring industry mitra, mekanisme penarikan industri, basis industry, dan industri strategis. Ketiga, daya dukung finansial, yang terdiri atas ketersediaan pre-seed dan seed UKM, pendanaan operasional, akses modal Ventura, dan skema exit strategis keuangan. Dan  keempat daya dukung lain, yang terdiri atas kerangka hukum dan regulasi, fasilitas pengawasan, akses besar Internasional, dan daya tarik kawasan.

Pada Kegiatan Workshop dengan focus Finalisasi Standart  Operating Prosedure (SOP) ini telah menghasilkan  13 DRAFT SOP STP yaitu :

  1. SOP Valuasi Teknologi (Identifikasi Teknologi)
  2. SOP Seleksi Kegiatan Inkubasi Teknologi
  3. SOP Pendampingan Tenant
  4. SOP Pendampingan Kegiatan Pra Inkubasi & Inkubasi
  5. SOP Monev Tenant dan Inkubasi
  6. SOP Pengukuran Kepuasan Pelayanan Inkubator
  7. SOP Aktivitas Paska Inkubasi
  8. SOP Promosi Teknologi
  9. SOP Temu Bisnis
  10. SOP Pemanfaatan Teknologi
  11. SOP Kerjasama Lisensi
  12. SOP Kerjasama Kepakaran
  13. SOP Pengelolaan Lisensi
  14. SOP Pengelolaan Kepakaran
  15. SOP Penyusunan Silabus
  16. SOP Pelatihan.

13 draft ini diantara akan diterapkan di Cibinong Science Center (SCC) milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dimana  SCC diyakini bisa menjadi model science technopark (STP) di Indonesia.

Kegiatan  Sub – komponen 1B2  ini terkait dengan pengembangan STP Pertanian yang capaiannya menghasilkan rekomendasi model Sistem Inovasi Nasional (SINas) yang berfokus pada STP Pertanian,  yang harus memperkuat : Daya Dukung Teknologi, Daya Dukung Industri, Sumber Daya Utama, dan Sumber Daya Lain.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *