Kemenristekdikti Apresiasi Lembaga Litbang Unggulan

Senin, 18 Desember 2017 | 15:50 WIB


Kemenristekdikti  Apresiasi Lembaga Litbang Unggulan

Menristekdikti Tengah Memberikan Piagam Apresiasi Lembaga Litbang 2017 Kepada Para Penerima.

Jakarta, RISET-Pro.

 

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 di Gedung Kemenristekdikti, Thamrin, Jakarta 13 Desember 2017.  Acara ini dihadiri Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Patdono Suwignjo, dan para nominator dari lembaga-lembaga litbang yang ada di bawah Kemenristekdikti dan Kementerian/Lembaga.

Acara ini merupakan salah satu dari serangkaian program penguatan kelembagaan bagi instansi riset melalui Program Pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI). Penguatan kelembagaan menjadi unsur penting dalam pembinaan kelembagaan Iptek dan Dikti, demi mewujudkan sistem kelembagaan litbang di Indonesia yang unggul, inovatif dan berdaya saing.

 

Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti Patdono Suwignjo mengatakan, melalui apresiasi Lembaga Litbang tahun 2017 diharapkan kontribusi lembaga litbang unggulan yang telah ditetapkan sebagai pusat unggulan Iptek dapat lebih berkontribusi untuk menggerakkan sektor industri barang dan jasa berbasis inovasi.

 

Dalam sambutan pembukaan Menristekdikti Mohamad Nasir menyampaikan, apresiasi ini bertujuan untuk meningkatkan dan menggalakkan inovasi dalam negeri.

“Pusat unggulan Iptek harus mampu mencetak para peneliti yang bisa menghasilkan publikasi internasional, menghasilkan prototype, dan bisa menghasilkan suatu inovasi. Inovasi berperan penting dalam meningkatkan daya saing bangsa.Inovasi juga harus berujung pada produk bermanfaat. Inovasi itu dari sebuah ide yang berujung pada temuan, bila sudah menjadi temuan harus bisa dihilirisasikan serta dikomersialisasikan,” papar Menteri Nasir.

Menurut Nasir, Inovasi yang tidak bisa dikomersialisasikan, berarti bukan inovasi lagi dan hanya akan memenuhi referensi saja. Oleh karena itu, Pusat Unggulan Iptek (PUI) menjadi sangat penting untuk menghasilkan suatu inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh industri. Dengan demikian peningkatan daya saing bangsa bisa kita raih.

 

 

 

Sumber :

Ristekdikti.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *