BAPETEN Lakukan Pemetaan Radioaktivitas Lingkungan GBK

Selasa, 19 Desember 2017 | 11:11 WIB


BAPETEN Lakukan Pemetaan Radioaktivitas Lingkungan GBK

Jakarta, RISET-Pro.

 

BAPETEN ( Badan Pengawas Tenaga Nuklir ) bekerjasama dengan IAEA ( International Atomic Energy Agency) akan menerapkan keamanan nuklir pada perhelatan Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan 18 Agustus – 2 September 2018, di Jakarta dan Palembang. Guna menerapkan keamanan nuklir pada Asian Games mendatang, BAPETEN melalui Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN), melakukan pemetaan data radioaktivitas lingkungan di Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang dilakukan pada tanggal 11 -14 Desember  2017.

 

Kegiatan pemetaan baseline data radioaktivitas lingkungan ini sangat penting karena menjadi data acuan untuk memantau ada tidaknya kenaikan radioaktivitas yang signifikan di Komplek Gelora Bung Karno pada saat Asian Games berlangsung nanti. Setiap lokasi pertandingan strategis termasuk lokasi penginapan atlit harus dilakukan pemetaan radioaktivitas. Hal ini dilakukan agar monitoring terhadap kenaikan radioaktivitas disekitar lokasi pertandingan dan penginapan atlet dapat diketahui secara cepat dan tepat.

 

Selanjutnya, semua lokasi pertandingan strategis dan penginapan atlet Asian Games 2018 akan dilakukan pemetaan data radioaktivitas. Komplek Gelora Bung Karno menjadi prioritas utama mengingat lokasi ini sangat strategis karena mempunyai banyak tempat pertandingan. Selain itu acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 juga akan dilakukan di kawasan ini.

 

 

Sumber :

Bapeten.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *