BSN – LIPI Bersinergi Dalam Program INSINas 2018

Selasa, 6 Februari 2018 | 19:39 WIB


BSN – LIPI Bersinergi Dalam Program INSINas 2018

Jakarta, RISET-Pro.

 

Sistem Inovasi Nasional (SINas) merupakan suatu kesatuan fungsional yang bertujuan untuk  mengembangkan inovasi nasional, meningkatkan kemampuan iptek, dan meningkatkan daya saing. Program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (INSINas) merupakan bantuan pendanaan riset yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan misi utama  penguatan SINas melalui peningkatan sinergi, peningkatan produktivitas, dan pendayagunaan sumberdaya litbang nasional.

Sesuai arahan Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, flagship INSINas diharapkan mampu menghasilkan 3 output, yaitu prototype, jurnal internasional, dan SNI. “Dalam program INSINas Pangan LIPI, kami perlu dukungan dari SNI-nya,” Ujar Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Mego Pinandito saat beraudiensi dengan Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi BSN, I Nyoman Supriyatna, di kantor BSN pada Rabu, 31 Januari 2018. Audiensi ini bertujuan untuk membahas kolaborasi program INSINas LIPI dan pengembangan SNI oleh BSN.

 

Mego kemudian menjelaskan bahwa yang dibutuhkan bukan hanya SNI terkait produk, melainkan juga SNI terkait proses dan metode. “sehingga kalau kita bicara produk yang dihasilkan, maka SNI-nya sudah ada, mutunya terjamin,” jelasnya.

 

LIPI sendiri menilai masalah pangan dan gizi masih menjadi isu penting di Indonesia. Saat ini, Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta per tahun 2017 dengan laju pertambahan  2% per tahun membutuhkan produk pangan yang cukup dengan kualitas gizi yang seimbang 

“Produk-produk hasil dari INSINAS ini nanti harapannya nanti sudah ada SNI-nya dan jelas mengenai metode ujinya yang ber-SNI” harap Mego. Berdasarkan keputusan dari Kemenristekdikti, BSN dalam 3 tahun harus menetapkan minimal 6 flagship untuk Lembaga Pemerintah Non Kementerian di lingkungan Kemenristekdikti.

 

 

Sumber :

Badan Standardisasi Nasional (BSN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *