01
Apakah RISET-Pro itu?

RISET-Pro (Research & Innovation in Science & Technology Program) secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Iptek. program ini bertujuan untuk menyediakan SDM di bidang iptek yang berkualitas tinggi, memperkuat kerja sama antara Kemenristek, LPNK Ristek, dan kelembagaan Iptek lainnya dengan perguruan tinggi dan lembaga litbang luar negeri, meningkatkan daya dukung bagi komunitas iptek, mewujudkan kompatibilitas antara kegiatan iptek di lembaga litbang, perguruan tinggi dan industri secara sinergis.

02
Sasaran yang ingin dicapai RISET-Pro

Sasaran yang akan dicapai dari penyelenggaran program ini adalah Tersedianya tenaga ahli berpendidikan Strata 2 dan 3 pada Kemenristek, LPNK Ristek, dan kelembagaan Iptek lainnya di pusat dan daerah yang berbasis riset, peningkatan kapasitas SDM Iptek dalam rangka penguatan SINas/SIDa dan MP3EI, terciptanya jejaring riset antara Kemenristek, LPNK Ristek, dan kelembagaan Iptek lainnya di pusat dan daerah dengan lembaga riset dan perguruan tinggi di luar negeri.

03
Program dalam RISET-Pro

Untuk mendukung komponen ini kegiatan yang akan dilaksanakan adalah berupa :
Program gelar dengan menempuh pendidikan formal di perguruan tinggi
Program non-gelar yang ditawarkan melalui berbagai macam pelatihan dan kursus.
04
Pelaksanaan Program Pendidikan Gelar

Program gelar yang dilaksanakan berupa peningkatan jenjang pendidikan hanya untuk strata Master dan Doktoral yang ditempuh di perguruan tinggi luar negeri. Program ini dapat diikuti oleh karyawan dari Kemenristek, 7 LPNK-Ristek, dan dari kelembagaan iptek lainnya yang terkait dengan program prioritas Kementerian Riset dan Teknologi baik di pusat dan daerah sejauh memenuhi kriteria/persyaratan yang ditentukan.

05
Pelaksanaan Program Pendidikan Non-Gelar

Program pendidikan non gelar, selain dapat diikuti oleh lembaga sebagaimana tersebut di atas juga dapat diikuti oleh pihak swasta sejauh memenuhi kriteria/persyaratan yang ditentukan.